VISI & MISI.

Visi

Terwujudnya postur Polisi Lalu Lintas yang profesional, bermoral dan modern sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang terpercaya dalam memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Dengan penataan substansi visi tersebut di atas dapat diberikan penjelasan sebagai berikut :

  1. Terwujudnya Kamseltibcarlantas yang benar - benar dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman berlalu lintas di jalan.
  2. Penerapan penegakkan hukum lalu lintas secara progresif baik yustisi maupun non yustisi yang dilakukan secara simultan agar menjadi masyarakat yang tertib dalam berlalu lintas.

Misi

Mewujudkan dan meyakinkan kepada masyarakat bahwa Polisi Lalu Lintas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat melalui Kegiatan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor dan pengemudi, Penegakan Hukum, Operasional Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas serta Pendidikan berlalulintas. Berdasarkan pernyataan visi sebagaimana tersebut di atas, selanjutnya diuraikan dalam misi Dit Lantas Polda Sumut sebagai berikut :

  1. Memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan dengan mengintensifkan tugas, pengaturan, penjagaan, pengawalan dan Patroli Lalu Lintas.
  2. Menegakan hukum khususnya yang berkaitan dengan Kamseltibcarlantas untuk menurunkan angka korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.
  3. Memberikan pelayanan prima terhadap setiap pengurusan administrasi SIM, BPKB, STNK dan TNKB ( SBST ).
  4. Mengelola sumberdaya Polantas untuk mewujudkan dan memelihara kamseltibcarlantas.
  5. Mengembangkan perpolisian masyarakat yang berbasis masyarakat patuh hukum.
  6. Meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait / lembaga dan potensi.
  7. Meningkatkan kegiatan Dikmas Lantas dalam rangka memberikan pengetahuan dan etika berlalu lintas kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya para siswa/i baik ditingkat dasar maupun lanjutan.