BERITA

Kumpulan Berita DITLANTAS POLDA SUMUT

Pelatihan TPTKP LKecelakaan Lalu Lintas

08
Aug 2016
Responsive image

Tarutung-(Sat Lantas) Dalam rangka meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat dalam bidang tugas penanganan kecelakaan lalu lintas maka dibutuhkan sosok petugas Polri yang terampil, cekatan, cermat dan teliti serta tetap tegas dalam melakukan segala tindakan kepolisian khususunya dalam hal Penanganan / Pengolahan Tempat Kejadian Perkara Laka Lantas (Olah TKP) dan TPTKP Laka Lantas

Sehingga dengan pertimbangan hal tersebut diatas, Satuan Lalu Lintas Polres Tapanuli Utara, pada hari Jumat (05 Agustus 2016) telah melaksanakan pelatihan Penanganan TPTKP Laka Lantas, Sket TKP Laka Lantas dan Administrasi penyidikan Laka Lantas, terhadap 30 personel Lalu Lintas dari masing-masing Unit dan Pos Lantas serta diikuti oleh Tim medis dari Rumah Sakit Swadaya Tarutung, Petugas PT. Jasaraharja Pos Tarutung, Petugas BPJS cabang Tarutung dan anggota unit lalu lintas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Utara.

Dalam acara pelatihan tersebut Waka Polres Tapanuli Utara Kompol B. Turnip menyampaikan bahwa dalam setiap tindakan kepolisian yang dilakukan oleh anggota hendaknya dikerjakan dengan profesional dan proporsional serta hendaknya dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

ditekankan juga oleh Kasat Lantas Polres Tapanuli Utara AKP. LS. Gultom, SH kepada peserta pelatihan, "bahwa sebagai petugas polantas yang profesional, maka dalam hal penyidikan dan pelaksanaan upaya - upaya penegakkan hukum di bidang laka lantas,  kita harus mempunyai semboyan dan berpedoman pada sifat - sifat transparan, akuntabel serta selalu menjunjung tinggi supremasi hukum dan HAM"

Beberapa materi yang disampaikan oleh Ipda Krisman Saragih, SH, selaku Kanuit Laka Sat Lantas Polres Tapanuli Utara mencakup beberapa hal, antara lain Pertolongan pertama pada korban Laka, pengamanan TKP laka, Tata Cara Mencari & mengamankan BB Laka serta Penentuan TSK dan saksi kasus laka lantas.

Setelah penyampaian materi secara teori, pelatihan dilanjutkan dengan praktek penanganan TPTKP laka Lantas di Terminal madya Tarutung, dalam praktek tersebut ditekankan beberap hal antara lain Penempatan Anggota di TKP, Penangan Korban di TKP, Pengamanan TKP Laka, Pengolahan TKP dan Pengukuran TKP Laka Lantas dan penggambaran sket TKP.
Dalam pelatihan yang dilakukan, Kanit Laka Sat Lantas Polres Tapanuli Utara juga tak hentinya menekankan kepada anggota bahwa dalam pelaksanaan tugas, semua anggota harus selalu memperhatikan sisi - sisi kemanusiaan atau dalam kata lain harus tetap humanis dan tidak arogan, sehingga masyarakat menjadi simpatik dan tidak merasa benci dengan Polri serta tidak menimbulkan polemik di kemudian hari.
Setelah pelaksanaan pelatihan praktek penanganan TPTKP laka lantas kegiatan dilanjutkan dengan koordinasi dengan Pimpinan PT. Jasaraharja dan BPJS cabang Tarutung, guna menyatukan persepsi tentang pemberian santunan kecelakaan lalu lintas.
 
 

<<< Kembali ke Berita